CARA UPGRADE SAMSUNG GALAXY YOUNG GT-S5630 KE JELLYBEAN/JELLYBLAST V3

Pertama, yang mesti anda siapin adalah niat dan ke-ikhlasan, artinya anda mesti siap nerima keadaan mati total, stuck sampe boot animations, dan liburan make Gadget untuk sementara waktu, klo upgrade yang anda lakukan ini gagal.
Karena sekali lagi saya ingatkan klo ini bukan ROM resmi dari Samsung, dan segala macam kerusakan pada Gadget anda diluar tanggung jawab saya hahahaha...
Tapi biar anda nggak terlalu was-was, sedikit saya kasih tau juga klo diluar kerusakan Hardware, Gadget mau mati total kaya apapun sebenernya pasti bisa anda bikin nyala lagi hhe...
Kenapa saya bilang gitu? karena percobaan pertama saya untuk Gadget ini ternyata beneran gagal hahahaha... dan bukannya ke-upgrade jadi Android Jelly Bean, Gadgetnya malah cuma stuck di Logo Samsung Galaxy Y, jadi nggak perlu buru-buru panik apalagi sampe nangis klo nanti anda gagal :)
Kedua, yang mesti anda miliki adalah seperangkat alat shalat Gadget  Samsung Galaxy Y, dan saya tegaskan klo untuk nyobain tutorial ini anda nggak mesti beli Gadget baru, cukup minjem punya orang aja kaya saya kemaren :)
Ketiga, siapin ROM Un-official yang mau anda coba, menurut keyakinan anda masing-masing, saya sendiri make ROM "JELLYBLAST V3 (JELLYBLAST Pre-Nemesis V3.5)" buatan AvijitGhosh82, karena setelah saya coba, ROM ini bisa saya kategorikan sebagai ROM yang paling stabil dan nggak terlalu banyak Bug yang berarti.
Untuk yang mau nyoba ROM "JELLYBLAST V3" ini monggo DOWNLOAD DISINI *pesen dari yang punya jangan di Mirror ke link manapun
Keempat, monggo pastiin terlebih dahulu klo secara resmi Samsung belum ngeluarin upgrade ke Jelly Bean, untuk keluarga Galaxy Y-nya, karena klo ternyata udah ada upgrade resminya, saya lebih nyaranin anda make yang resmi. Soalnya setau saya, secara resmi Galaxy Y masih mentok di Gingerbread, SPESIFIKASI LEBIH LENGKAP KLIK DISINI 
Kelima, biasain berdoa dulu, sebelum memulai sesuatu :)
Dan sekarang, saatnya kita beralih ke step by stepnya...
1. Root dulu Gadget anda, karena tanpa akses superuser saya nggak menjamin anda bisa melakukan upgrade ini dengan sukses, untuk caranya monggo di search sendiri-sendiri, udah banyak yang ngasih tau caranya kok.
2. Pastikan klo anda belum pernah melakukan upgrade Un-official manapun sebelumnya, atau dengan kata lain anda masih menggunakan Stock kernel original dari pabrikan. Karena klo sebelumnya anda pernah melakukan Custom ROM, saya anjurkan anda edit dulu file ROM "JELLYBLAST V3" yang anda download tadi, dan delete file boot.img untuk.menghindari terjadinya error.
3. Hubungkan Gadget anda dengan PC/ Laptop yang didalamnya sudah terinstall Driver untuk Gadget ini, kemudian Copy file Zip JELLYBLAST V3 di root SDCARD anda, inget di root, jangan didalem folder apapun.
4. Klo udah, Matiin Gadget anda
5. Dan masuk ke Recovery Mode bawaan samsung atau Clockwork mode (CWM), caranya pencet "Power button + Home button + Volume Up button" secara bersamaan sampe muncul Logo Galaxy Y, dan segera lepas pencetan anda, ketika Logo itu muncul.
6. Klo bener, anda akan ngeliat penampakan kaya gini (disini saya nyontohin pake recovery mode bawaan samsung, tapi recomended biar minim error anda pake CWM aja).
 
 
 7. Gunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk berpindah Menu, dan gunakan HOME button untuk masuk ke menu.
8. Sekarang pilih "Wipe data/ Factory Reset" cari kata "Yes" dan pencet Home Button
9. Pilih "Wipe Cache Partition", pokoknya sampe kaya gambar diatas.
10. Klo udah, pilih "Apply update from sdcard", dan pilih file Zip JELLYBLAST V3 yang tadi udah anda copy ke root SDCARD anda masing-masing, kemudian pencet tombol HOME dan biarkan proses Instalasi berlangsung, Klo bener, anda akan nemuin penampakan kaya gini:
 
11. Setelah proses Instalasi kelar, Gadget akan Reboot otomatis, dan klo semua berjalan lancar dan sukses, Gadget akan Nyala dengan ROM baru Jelly Bean Android 4.1.1. Penampakannya kaya gini:



1 Response to "CARA UPGRADE SAMSUNG GALAXY YOUNG GT-S5630 KE JELLYBEAN/JELLYBLAST V3"

EDI SETIAWAN. Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

visitor

Flag Counter

Pengikut